tes hunglul

Rabu, 03 Oktober 2012

Tugas 1. ABOUT TELEMATIKA.

Definisi Telematika.

            Kata telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis telematique, yang atinya adalah sebuah gabungan sistem jaringan komunakisa dan teknologi informasi ( Telecomunication and Informatics ) sebagai wujud dari perpaduan konsep computing and communication . Istilah telematika juga dikenal sebagai ( The New Hybrid Technology ) yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Istilah telematikan juga merujuk pada hakekat cyberspace, yaitu sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika.

Perkembangan Telematika

        Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana multimedia. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), Telematika, Multimedia, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.

             Contoh dari hasil telematika yang paling populer adalah Internet. Dengan Internet semua masyarakat di dunia dapat berkomunikasi dengan teknologi informasi yaitu komputer / laptop dengan cangkupan yang sangat luas. Selain Internet, hasil dari perkembangan telematika yang sedang di kembangkan saat ini adalah GPS ( Global Positioning Satellite ). Beberapa perusahaan besar produsen mobil telah memasang GPS sebagai fitur dari produk mereka. Guna dari GPS disini adalah sebagai alat navigasi yang dapat membantu para pengendara.

Harapan adanya Telematika di Indonesia
            Seperti yang sudah kita ketahui di era globalisasi ini, di mana kebutuhan akan informasi yang semakin cepat dan efektif membuat sebagian masyarakat sangat mengharapakan adanya telematika service yang lebih baik, baik itu dari segi keamanan, informasi itu sendiri, efisiensi dan efektifitasnya serta context awarenya. Di Indonesia ini yang saya ketahui sudah menerapkan layanan tersebut sebagai contoh layanan informasi, berkembangnya dan semakin banyaknya warnet-warnet untuk memenuhi kebutuhan seseorang untuk berselancar didunia maya baik dimana pun dan kapanpun, bahkan sekarang sudah lebih canggih lagi dengan adanya alat-alat telekomunikasi seperti handphone yang menyediakan layanan internet, sehingga lebih mempermudah seseorang untuk pergi kedunia maya, satu contoh lagi adalah layanan keamanan yang telah diterapkan diberbagai bandara bahkan hamper semuanya bandara menggunakan layanan ini untuk kemanan para penumpang pesawat dengan adanya teknologi scanner untuk barang-barang yang dibawa para penumpang sebelum memasuki area pesawat. Untuk layanan Context aware Indonesia juga telah menerapkan layanan ini, seperti penggunaan jaringan dimana penggunaan seluler dengan berbagai provider.

         Yang saya harapkan dengan adanya layanan telematika service ini, agar lebih dikembangkan lagi dan berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk layanan keamanan saya mengharapkan agar suatu tempat aman dari segala bentuk tindakan criminal dengan memasang kamera cctv yang tersembunyi sehingga kemanan tempat tersebut dapat termonitor selalu, Untuk layanan Context aware jaringan saya mengharapkan untuk para provider layanan seperti Indosat, Telkomsel dlll untuk bekerja sama dengan jaringan telekomunikasi dengan luar negri sehingga provider luar negri bias digunakan juga untuk jangkauan wilayah Indonesia. Untuk layanan informasi lebih ditingkatkan lagi agar selama apa pun, dimana pun dan kapan pun seseorang dapat menjaga komunikasi dengan baik, lancar dan aman, tidak ada tindakan sadap menyadap informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar